Wakil Bupati Upacara Proklamasi di Pulau Yayaru


Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar - Agustinus Utuwaly : “Pelaksanaan pengibaran bendera di pulau kosong tak berpenghuni, pulau Yayaru, luar biasa, karena penari kolosalnya itu anak-anak muda.”

Saumlaki, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar kembali melakukan suatu langkah terobosan dalam upaya meningkatkan wisata bahari di kabupaten yang berjuluk duan-lolat tersebut.

Hal itu tersebut ditandai dengan Kegiatan Pemancangan Tiang Bendara Merah Putih Sekaligus Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 di pulau Yayaru (jenis pulau Atol) yang berlokasi di Desa Seira Blawat, Kecamatan Wermaktian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Mauku.

“Pelaksanaan pengibaran bendera di pulau kosong tak berpenghuni, pulau Yayaru, luar biasa, karena penari kolosalnya itu anak-anak muda.” Kata Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar Agustinus Utuwaly di Saumlaki, Senin (19/8/2019).

Turut hadir dalam upacara tersebut Muspika Kecamatan Wermaktian serta beberapa pimpinan unit kerja lingkup Pemkab Kepulauan Tanimbar. Antusias masyarakat Wermaktian terlihat dari partisipasi mereka yang sangat tinggi dalam perayaan 17 Agustus 2019.

“Saya menyimpulkan bahwa rasa nasionalisme dan patriotisme masyarakat, antar bangsa dan negara itu sangat tinggi.” Tegas Utuwaly.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Tanimbar selaku inspektur upacara berjalan hikmah, dengan menghadirkan kurang lebih 100 orang siswa SMP Negeri 1 Wermaktian dengan menyuguhkan tarian kolosal “Satu Indonesiaku”.

 “Mereka menginginkan untuk satu waktu, melakukan tarian besar di sana dengan menghadirkan ribuan orang di pulau itu, dalam rangka promosi destinasi wisata di Kepulauan Tanimbar.” Lanjut Utuwaly.

Pulau Yayaru merupkan jenis pulau Atol, memiliki hamparan pasir yang membentang mengelilingi pulau dengan luasan yang kurang dari 2000 m2, dapat ditempuh dari pusat kecamatan menggunakan speed boat (kapal cepat), kurang lebih 20 menit.

Maksud dilakukan kegiatan pemancangan tiang bendara dan rangkaian kegiatan di pulau Yayaru bertujuan untuk mempromosikan Yayaru sebagai objek wisata di Kecamatan Wermaktian, tetapi juga merupakan promosi pulau terluar pada daerah perbatasan yang merupakan serambi depan bagian Selatan NKRI.

“Pulau Yayaru merupakan salah satu pulau di Seira Blawat Kecamatan Wermaktian. Antara sekian banyak pulau, pulau itu sangat indah, karena itu kami ingin mempromosikan pulau itu.”

Bebrapa terobosan telah dilakukan oleh Pemkab Tanimbar dalam upaya menjadikan pulau Yayaru sebagai destinasi wisata bahari yang ada di kepulauan Tanimbar. Hal tersebut berupa rencana pembangunan ruas jalan yang mengubungkan desa Kamatubun di pulau Seira dengan menuju destinasi wisata pulau Yayaru.

“Karena untuk wisata bahari di kepulauan Tanimbar sangat bagus dan pemerintah sendiri sudah memperjuangkan itu melalui usulan dari Dinas Cipta Karya, untuk pembangunan jalan dari seira sendiri.” Ujarnya

Lanjuntya, “Dari perkampungan desa Kamatubun, ke arah bagian selatan kurang lebih 8 kilometer berhadapan langsung dengan pulau Yayaru.” Pungkas Utuwaly.


Share post ini: