Tanimbar, Negeri Warisan Leluhur Yang Menginspirasi


Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku - Wiyda Pratiwi Murad : “Saya mengharapkan agar kita semua dapat sama-sama bergandeng tangan, melangkah bersama guna membangun rumah kerajinan di Maluku, khususnya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.”

Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagai Negeri Adat warisan leluhur memiliki keanekaragaman warisan budaya yang menjadi sumber inspirasi bagi perkembangan sektor kerajinan daerah dan nasional termasuk didalamnya potensi tenun.

“Sektor kerajinan, terutama tenun dari Tanimbar, telah berperan besar dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat, terutama dalam penciptaan lapangan kerja.” Kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Wiyda Pratiwi Murad, saat melantik Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Periode 2017-2022 di Gedung Kesenian, Saumlaki, Kamis (29/8/2019).

Mengingat peranannya yang cukup strategis dan mempunyai potensi yang sangat besar, Isteri Gubernur Maluku tersebut meminta agar Dekranasda KKT, terus melakukan penggalian, pelestarian, pembinaan dan pengembangan sehingga sektor kerajinan tenun Tanimbar agar dapat tumbuh dan berdayasaing sesuai tujuan dan cita-cita yang diharapkan.

Widya Pratiwi berharap, Dekranasda KKT dapat bersinergi untuk memajukan industri kerajinan di bumi duan lolat yang unik dan memilki daya tarik tesendiri, yang terus berinovasi dengan agenda-agenda pembinaan yang komprehensif sesuai dengan tujuan dan harapan yang diinginkan bersama.

“Saya mengharapkan agar kita semua dapat sama-sama bergandeng tangan, melangkah bersama guna membangun rumah kerajinan di Maluku, khususnya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.” Ujar Widya Pratiwi.

Pemerintah Daerah juga mendapat apresiasi, karena dianggap telah membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Dekranasda. Bupati selaku Pembina Dekrenasda telah memberi sentuhan dalam berbagai bentuk demi memajukan Dekransda, terlebih pada pelaku industri kecil dan menangah.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar dr. Edwin Tomasoa yang mewakili Bupati saat melantikan Pengurus Dekranasda KKT mengatakan, Dekranasda merupakan lembaga yang bermitra dengan pemerintah dalam membina seni kerajinan yang berbasis pada waraisan budaya bangsa dan merupakan perwujudan keanekaragaman etnik.

“Untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa yang pada gilirannya dapat mengangkat kualitas produk kerajinan dan meningkatkan kesejahteraan pengrajin.” ujar Tomasoa.

Menurut Tomasoa, Dekranasda Kabupaten Kepulauan Tanimbar merupakan organisasi yang berfungsi sebagai pembina bagi pengrajin yang berbasis sumber daya alam, budaya dan kreativitas serta berfungsi sebagai fasilitator bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan potensi daerah di bidang kerajinan, seni dan budaya.

“Hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Daerah yang menitikberatkan pada pembangunan sektor ekonomi dalam upaya peningkatan kualitas hasil produksi kerajinan Tanimbar.” Tegas pria yang identik dengan kumis tipisnya itu.

Tomasoa yakin dengan meningkatkan kualitas produksi, hasil produksi dapat bersaing di pasar global. Hal tersebut tentunya berdampak untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Tanimbar, sehingga berdampak langsung bagi peningkatan derajat hidup masyarakat di kabupaten yang dijuluki duan lolat tersebut.

 


Share post ini: