SEKRETARIS MENTERI KOPERASI DAN UKM RI. PROF.RULLY. INDRAWAN HADIRI RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN PUSAT DAN DAERAH (RAKORDA ) DI SAUMLAKI


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM - Drs, E.L Siletty : “Setelah kami melakukan tatap muka  dengan Bapak Sekretaris Menteri pada tanggal 26 Februari 2020 terdiri dari : Pembukaan Rapat Koordinasi Pusat dan  Daerah untuk 11 Kabupaten/Kota se-Propinsi Maluku yang akan berlangsung di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang akan disiapkan untuk  pengembangan wilayah Blok Masela dari hasil kerajinan tangan masyarakat Kepulauan Tanimbar,”

Saumlaki, Rapat Koordinasi Perencanaan Pusat dan Daerah ( RAKORDA ) yang akan dihadiri oleh wakil Mentri  tersebut melibatkan Kepala Dinas se-Provinsi Maluku yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 sampai 5 Maret 2020 bertempat di Danau Lorulung Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Menurut rencana, acara pembukaan rapat koordinasi tersebut akan dibuka oleh Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Bapak Prof.Rully. Indrawan akan tiba hari Selasa, 3 Maret 2020 di Saumlaki.

Kehadiran Menteri yang diwakili oleh Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM RI merupakan tindaklanjut surat Bupati tanggal 29 Februari 2020 untuk dapat melakukan kunjungan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sesuai agenda Presiden RI kepada Menteri Koperasi dan UKM RI akan  melaksanakan tugas selama 3 hari di Propinsi Papua dan Sekretaris Koperasi dan UKM RI bapak Prof.Rully Indrawan berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar,

“Setelah kami melakukan tatap muka  dengan Bapak Sekretaris Menteri pada tanggal 26 Februari 2020 terdiri dari : Pembukaan Rapat Koordinasi Pusat dan  Daerah untuk 11 Kabupaten/Kota se-Propinsi Maluku yang akan berlangsung di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang akan disiapkan untuk  pengembangan wilayah Blok Masela dari hasil kerajinan tangan masyarakat Kepulauan Tanimbar,” ungkap Kadis Koperasi Drs, E.L Seletty.di Saumlaki, belum lama ini.

Dikatakan, ada 8 koperasi yang kami sudah usul dapat berkopenten untuk dapat melaksanakan tanggungjawab sebagai koperasi di Kepulauan Tanimbar bersama Blok Masela. Pelaksanaan pameran hasil produksi koperasi UKM di Tanimbar, penyaluran bantuan modal awal kepada wirausaha pemula yang di dalamnya dan direncanakan ada 5 produksi wirausaha pemula di Saumlaki.

“Anggaran yang diberikan Provinsi berupa KUR dari BRI, BNI dan Bank Mandiri dengan masing–masing 2 kelompok mewakili masyarakat Kepulauan Tanimbar senilai 100 sampai dengan Lima Ratus Juta Rupiah” lanjut Kadis

Koperasi–koperasi yang akan diikut sertakan dalam pameran ada 8 koperasi bahkan sampai dengan 12 koperasi termasuk masyarakat yang memiliki kerajinan seperti, pahat ukiran kayu, ukiran kayu aiboni (Kayu arang) yang sudah dipersiapkan sebelumnnya menyambut rombongan Kementerian tersebut.

“Koperasi–koperasi di Tanimbar akan menampilkan hasil kerja kerajinan mereka, termasuk krepek–krepek yang terbuat dari umbi–umbian dari hasil alam Tanimbar, termasuk 47 motif Kain Tenun dan yang akan kita ambil salah satu motif ulurati dari hasil kerajinan tenun bersama dengan ukiran–ukiran perahu yang akan kita serahkan kepada Pak Menteri yang diwakilkan oleh Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM RI sebagai kenang– kenangan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” terangnya


Share post ini: