KAPOLDA MALUKU, MARI CIPTAKAN KEDAMAIAN


Kapolda Maluku dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Tanimbar melakukan tatap muka sekaligus menghimbau kepada seluruh komponen dari unsur Pemerintah, TNI-Polri, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 di bumi Tanimbar secara aman dan damai.

Saumlaki, Kapolda Maluku dalam rangkaian kegiatan kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Tanimbar melakukan tatap muka sekaligus menghimbau kepada seluruh komponen dari unsur Pemerintah, TNI-Polri, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 di bumi Tanimbar secara aman dan damai.

“Apalagi saudara-saudara, mendekati Pemilu seperti ini, mari kita jaga kondisi yang kondusif, sehingga pemilihan Presiden/Wakil Presiden, Legilslatif di Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota berjalan lancar, walaupun kami yakin seyakin-yakinnya, bahwa saat ini suhu politiknya tinggi.” Kata Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, MM di Holel Galaxy, Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (4/2/2019).

Kapolda mengajak seluruh komponen masyarakat baik pemerintah daerah, TNI/Polri dan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk bersama-sama bergandengan tangan membantu mewujudkan kedamaian, terutama dalam menghadapai pelaksanaan Pemilihan Umum 2019.

Selanjutnya Kapolda juga menghimbau kepada seluruh jajaran kepolisian di Kabupaten Kepulauan Tanimbar agar dapat membimbing masyarakat menciptakan keamanan dan ketertiban. “Kita ini sebagai Polisi, UUD 1945 mengatakan, tugas-tugas disamping melayani, melindungi, membimbing dan melakukan tindakan pembelaan hukum, kita juga berpartisipasi untuk memelihara keamanan dan ketertiban. Membimbing masyarakat, menciptakan kedamaian, bukan menjadi provokator, bahkan mencari gara-gara. Kita adalah juru damai” Kata Kapolda.

Mengutip ucapan Presiden Joko Widodo, yang disampaikan Kapolri, Kapolda mengatakan, kita ibarat sebuah mobil yang berjalan jauh beratus-ratus kilometer, mesinnya menjadi panas, maklum dan wajar kalo mesinnya panas, oleh karena itu air radiatornya agak berkurang. Melalui analogi radiator kendaraan tersebut, Kapolda mengajak seluruh komponen masyarakat dan pemerintah agar menjadi radiator mesin yang secara normal harus berjalan, menjadi pendingin mesin di tengah masyarakat, untuk bergaul, mengajak masyarakat dan juga memberikan hiburan.

Beliau juga mengingatkan tentang konflik horisontal yang melanda Maluku ditahun 1999, semoga kita dapat menjadikan pengalaman itu sebagai guru yang baik untuk tidak terulang kembali, sebaliknya lebih berbenah dan memperbaiki sikap hidup, menjadi torelan satu dengan yang lain.

Rangkaian kegiatan kunjungan kerja Kapolda akan dilanjutkan dengan kegiatan bersepeda dari kota Saumlaki menuju pulau Larat dengan yang menempuh jarak 162 Km, dan selanjutnya di kota Larat, Kapolda dan rombongan akan melakukan kegiatan pelepasan penyu dan penanaman hutan bakau.

“Besok, saya dan bebera rekan akan bersepeda ke pulau paling utara, pulau Larat. Kita ingin melihat masyarakat lebih dekat dengan bersepeda.Kalo jln kaki atau naik sepeda, kita bisa melihat lebih dekat masyarakat. Sekaligus kita akan melestarikan lingkungan dengan melepas penyu, dengan hutan bakau kita hidupkan, kita kembangsuburkan.” Kata Kapolda. Selanjutnya Kapolda mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak yang telah membantu menjaga keamanan di Kepulauan Tanimbar sehingga kondisi keamanan tetap kondusif.


Share post ini: