INOVASI POLRES MTB, PATROLI DARI ELIASA SAMPAI LAMDESAR


Polres Maluku Tenggara Barat dalam upaya menciptakan kemanan dan ketertiban masyarakat di seluruh pelosok Kabupaten Maluku Tenggara Barat, melakukan inovasi kegiatan patroli jarak jauh yang dimulai dari desa Eliasa di Kecamatan Selaru sampai ke desa Lamdesar Timur di Kecamatan Tanimbar Utara.

Saumlaki, Polres Maluku Tenggara Barat dalam upaya menciptakan kemanan dan ketertiban masyarakat di seluruh pelosok Kabupaten Maluku Tenggara Barat, melakukan inovasi kegiatan patroli jarak jauh yang dimulai dari desa Eliasa di Kecamatan Selaru sampai ke desa Lamdesar Timur di Kecamatan Tanimbar Utara.

“tujuan kita laksanakan kegiatan patroli jarak jauh ini untuk dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat dari kabupaten kepulauan Tanimbar, dari ujung ke ujung,” kata Kapolres MTB AKBP Andre Sukendar usia pembukaan Kegiatan Patroli Jarak Jauh di Mapolres, Kamis (24/1/2019).

Dengan kegiatan patroli ini, diharapakan dapat secara langsung menyentuh masyarakat untuk menyampaiakn pesan-pesan Kamtibmas, sekaligus menyampaikan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk dapat melaksanakan agenda nasional dan agenda daerah (Pemilihan Umum 2019 – red) yang akan dilaksanakan pada bulan April 2019, dengan baik, lancar, aman dan sejuk.

Persiapan kegiatan yang menempuh jarak lebih dari 200 kilometer dan melintas tiga pulau besar di kepulauan Tanimbar yaitu pulau Selaru, pulau Yamdena dan pulau Larat, didukung oleh 80 personil anggota Polres yang tersebar di Polsek Selaru Kecamatan Selaru dan Polres Maluku Tenggara Barat. Sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat milik Polres MTB dikerahkan dalam kegiatan ini. Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara Barat turut berpartisipasi untuk membantu bila terjadi hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan medis.

Kegiatan ini akan dirangkai dengan program Kepolisian Republik Indonesia yaitu kegiatan millennia road safety festival yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan secara terpusat pada tanggal, 2 Maret 2019. Road Safety Festival menurut Kapolres adalah kegiatan kampanye keselamatan berlalu lintas dengan melibatkan kaum milenial. Beberapa kegiatan yang ada dalam road safety festival itu sendiri antara lain, jalan santai, senam bersama, dan touring dengan kaum milenial.

“kita ada kegiatan millennia road safety festival, dimana dalam hal ini kita mengajak kepada kaum milenial, yang sekarang kita kenal dengan anak-anak sekitar usia 17-35 tahun yang dekat dengan perkembangan teknologi, perkembangan serba IT,” kata Kapolres.

Melatarbelakangi beberapa kejadian kasus lakalantas yang mengakibatkan meninggal dunia, banyak yang menjadi korban adalah kaum milenial. Dengan adanya sentuhan kepada mereka, diajak untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Mereka diharapkan dapat menjadi contoh sebagai pengguna jalan yang baik, dan terhindar dari kecelakaan sehingga dapat meminimalisir kecelakaan yang terjadi di jalan.

Bupati Maluku Tenggara Barat Petrus Fatlolon pada kesempatan yang sama mengatakan, pemerintah daerah mengapresiasi dan berterima kasih kegiatan Patroli Jarak Jauh tersebut karena kegiatan ini sangat bermanfaat. Ada manfaat ganda pertama, patroli ini untuk memastikan Kamtibmas terjaga dengan baik. Kedua, ada sosialisasi tentang Pilpres dan Pileg.

“hal ini sungguh luar biasa karena Polres juga membantu Pemda untuk Sosialisasi penyelenggaraan Pilpres dan Pileg secara aman di Kabupaten Kepulauan Tanimbar,. dua manfaat besar ini kita rasakan oleh karena itu saya mendukung sepenuhnya,” Kata bupati.


Share post ini: