Ibu Joice: Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar Siap Mendukung Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX


Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang diketuai oleh Ibu Joice M. Fatlolon/P., S.P., menyikapi serius hal ini dengan melakukan berbagai kegiatan persiapan. Kepada media ini, Ibu Joice mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar merasa perlu untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah dan semua pihak terkait menyukseskan kegiatan kerohanian tingkat Provinsi Maluku itu.

Saumlaki, Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qura’n (MTQ) Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX yang direncanakan akan berlangsung pada bulan Oktober 2021 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar menjadi perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Hal ini diantaranya ditunjukkan melalui berbagai kegiatan persiapan yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang diketuai oleh Ibu Joice M. Fatlolon/P., S.P., menyikapi serius hal ini dengan melakukan berbagai kegiatan persiapan. Kepada media ini, Ibu Joice mengungkapkan bahwa Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar merasa perlu untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah dan semua pihak terkait menyukseskan kegiatan kerohanian tingkat Provinsi Maluku itu.

“Untuk itulah maka kami telah melaksanakan pertemuan bersama Tim Penggerak PKK Kecamatan Tanimbar Selatan, di mana Kecamatan Tanimbar Selatan merupakan tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku nanti. Kegiatan MTQ itu akan dilaksanakan di Kecamatan Tanimbar Selatan, tepatnya di kota Saumlaki dan sekitarnya,” jelas Ibu Joice, ketika dikonfirmasi di kediaman Bupati Kepulauan Tanimbar, Jl. Ir. Soekarno, Kecamatan Tanimbar Selatan, Selasa, 23 Februari 2021.

Sebagaimana diketahui, pada Senin, 22 Februari 2021 yang lalu, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar melaksanakan pertemuan yang berlangsung di Gedung Enos, kompleks Kediaman Bupati Kepulauan Tanimbar, untuk secara khusus membahas berbagai hal yang berkaitan dengan peranan Tim Penggerak PKK dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX. Tampak hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Tanimbar Selatan, bersama para Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK dari Kelurahan Saumlaki, Kelurahan Saumlaki Utara, Desa Olilit, dan Desa Sifnana. Turut hadir dalam pertemuan itu, para Ketua Dewan Pembina Tim Penggerak PKK di setiap kepengurusan tersebut, yang terdiri dari Camat Tanimbar Selatan, Lurah Saumlaki, Lurah Saumlaki Utara, Kepala Desa Olilit, dan Kepala Desa Sifnana.

Melalui pertemuan tersebut, Ibu Joice berharap adanya partisipasi aktif dari Tim Penggerak PKK untuk menggerakan masyarakat, menggerakan keluarga-keluarga, dimulai dari Pengurus PKK, guna menciptakan kondisi lingkungan di kota Saumlaki dan sekitarnya yang bersih, indah, dan nyaman, menyongsong pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX nanti. “Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk membicarakan pentingnya kebersihan dan keindahan lingkungan di kota Saumlaki dan sekitarnya, menyongsong pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX. Sebagaimana kita ketahui, motor penggerak untuk kebersihan lingkungan itu adalah ibu-ibu,” jelas Ibu Joice.

Lebih lanjut Ibu Joice menjelaskan bahwa Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah merumuskan berbagai program dan kegiatan menyongsong pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX nanti. “Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar memiliki kegiatan lomba tahunan. Salah satunya yang selalu menjadi prioritas adalah Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program PKK. Pada tahun ini, lomba tersebut juga akan dilaksanakan di Kecamatan Tanimbar Selatan, untuk dasa-dasa wisma yang berada di kota Saumlaki dan sekitarnya. Melalui lomba ini, setiap dasa wisma tersebut akan mempersiapkan kembali kebun-kebun dasa wisma, dan juga melakukan penataan halaman rumah dengan Hatinya (red: halaman asri, teratur, indah, dan nyaman) PKK. Kebun-kebun PKK harus ditanami dengan tanaman hias. Ada sayur-sayuran, ada toga atau tanaman obat keluarga, dan lain-lain, sehingga semua rumah menjadi asri dan nyaman, yang menunjukkan Hatinya PKK. Dalam rangka itu, mulai minggu depan kami akan melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama,” kata Ibu Joice.

Ibu Joice juga menambahkan bahwa secara kelembagaan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar merupakan bagian dari kepengurusan Panitia Pelaksana MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX. “Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK, saya masuk dalam kepengurusan panitia pelaksana sebagai Ketua Seksi Konsumsi. Kami akan berusaha memberikan yang terbaik dari sisi konsumsi dengan memperhatikan standar higienitas dan juga standar gizi, baik itu untuk menu sarapan pagi, makan siang, coffee break sore, maupun menu makan malam. Dalam rangka itu, kami telah berkoordinasi dengan bagian gizi di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” kata Ibu Joice.

Pada kesempatan ini Ibu Joice juga menjelaskan bahwa Tim Penggerak PKK akan melibatkan berbagai unsur organisasi perempuan yang berada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk ikut menyukseskan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX nanti. “Kami juga akan melibatkan semua unsur organisasi perempuan yang berada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk terlibat secara langsung dalam berbagai persiapan menyongsong pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-XXIX nanti,” kata Ibu Joice di akhir perbincangan dengan media ini.


Share post ini: