Dishub Berlakukan Parkir Berbayar


Bupati Kepulauan Tanimbar - Petrus Fatlolon : “Sebenarnya perdanya sudah beberapa tahun yang lalu, tapi penerapannya baru tahun ini.”

Saumlaki, Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Tanimbar mulai berlakukan parkir berbayar pada beberapa ruas jalan di Kota Saumlaki Ibukota Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yang ditandai dengan launching Penerapan Sistem Parkir Berbayar Di Kawasan Pertokoan Jalan Mathilda Batlayeri Saumlaki.

Proses kegiatan peluncuran kegiatan tersebut, berlangsung bertepatan dengan kegiatan apel gabungan pada Senin, 26 Agustus 2019 ditandai dengan pemasangan atribut kepada para juru parkir, berupa rompi dan topi, yang dilakukan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Mesak Rahandekut di halaman kantor bupati sementara, kompelks Kewarbotan Jl. Chr. Martha Tiahahu, Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon mengatakan, “Terima kasih kepada Dinas Perhubungan yang mana telah me-launching pelaksanaan penerapan sistim parkir berbayar di jalan-jalan utama.” Kata Fatlolon usai kegiatan tersebut di halaman Kantor Bupati Kewarbotan, Saumlaki, Senin (26/8/2019).

Menurut Fatlolon peraturan daerah tentang kawasan parkir di tepai jalan umum di Kota Saumlaki sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun saat ini Dinas Perhubungan baru aktif melakukan penerapan parkir berbayar tersebut.

“Sebenarnya perdanya sudah beberapa tahun yang lalu, tapi penerapannya baru tahun ini.” Ungkap Fatlolon.

Selain wujud dari penetaan sistem lalu-lintas yang aman dan nyaman, hal penting lainnya dari sistem parkir berbayar ini adalah upaya untuk menggali sebesar-besarnya sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kabupaten berjuluk duan-lolat tersebut.

“Kedua tentang parkir tersebut adalah merupakan salah satu potensi PAD yang harus kita garap.” Tegas Fatlolon.

Selain itu Fatlolon berharap kedepannya mekanisme parkir menggunakan karcis/kupon selanjutnya akan ditingkatkan mekanismenya dapat dikolaborasikan dengan instansi terkait lainnya, sehingga dapat dibayarkan parkir secara tahunan bersamaan dengan pembayaran pajar kendaraan bermotor.

“Disatukan bersamaan dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor, sehingga mengurangi biaya operasional dan mengurangi adanya potensi kebocoran di lapangan.” Himbau Fatlolon.

Sementara itu, Kepala Seksi Lingkungan pada Dinas Perhubungan, Wiliam Sermatang ketika dihubungi mengatakan, penerapan parkir berbayar diujicoba pada ruas jalan Mathilda Batlayeri, tepatnya dari simpang Toko Selatan sampai depan Toko Remaja, dengan besaran tarif parkir roda empat Rp.2000 dan roda dua Rp.1000 sesuai Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Untuk diketahui, lokasi parkir pada badan jalan yang tetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 551-470-Tahun 2019 adalah Pintu keluar pelabuhan Saumlaki – Pintu Pelabuhan Penyeberangan, Pelabuhan Penyeberangan – Pasar Ikan, Depan Satos (Saumlaki Town Square), Depan Toko Selatan – Toko Usaha Baru, Parkiran Yamdena Plaza, Pertokoan Omele, Sisi Utara Pasar Omele, Pasar Ikan Kortitir dan Depan Pintu Keluar Terminal Omele.


Share post ini: