Bupati Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar


Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, S.H., M.H., bertindak sebagai Inspektur Apel pada Apel Kesiapan Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Apel yang berlangsung pada Kamis (25/2/2021) di Mapolres Kepulauan Tanimbar ini, melibatkan peserta dari sejumlah kesatuan, diantaranya dari Polres Kepulauan Tanimbar, Kodim 1507/Saumlaki, Batalyon Infanteri 734/SNS Saumlaki, dan Dinas Satpol P.P. Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Apel Kesiapan Pilkades Serentak ini dilaksanakan dengan mengusung tema, “POLRI yang Presisi, Bersinergi dengan TNI dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Siap Mengamankan Pilkades Serentak Tahun 2021, Guna Mewujudkan Kamtibmas Kondusif di Wilayah Hukum Polres Kepulauan Tanimbar”.

Saumlaki, Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, S.H., M.H., bertindak sebagai Inspektur Apel pada Apel Kesiapan Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Apel yang berlangsung pada Kamis (25/2/2021) di Mapolres Kepulauan Tanimbar ini, melibatkan peserta dari sejumlah kesatuan, diantaranya dari Polres Kepulauan Tanimbar, Kodim 1507/Saumlaki, Batalyon Infanteri 734/SNS Saumlaki, dan Dinas Satpol P.P. Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Apel Kesiapan Pilkades Serentak ini dilaksanakan dengan mengusung tema, “POLRI yang Presisi, Bersinergi dengan TNI dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Siap Mengamankan Pilkades Serentak Tahun 2021, Guna Mewujudkan Kamtibmas Kondusif di Wilayah Hukum Polres Kepulauan Tanimbar”.

Di dalam arahannya, Fatlolon mengemukakan bahwa Pilkades merupakan salah satu fasilitas berdemokrasi yang disediakan oleh negara, yang keseluruhan aktivitasnya dijamin oleh peraturan perundang-undangan. “Secara prosedural, pelaksanaan Pilkades telah diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan, yaitu Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, dan Peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pemilihan Kepala Desa. Adapun keseluruhan tahapan penyelenggaraan Pilkades pada 48 desa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sejauh ini telah dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan mekanisme dan ketentuan perundangundangan yang berlaku,” kata Fatlolon.

Selanjutnya, Fatlolon juga menyampaikan bahwa secara substantif Pikades harus dapat dijadikan sebagai arena berdemokrasi oleh masyarakat. Oleh karena itu, selain diharapkan agar semua pentahapan dalam proses Pilkades tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, keseluruhan proses Pilkades juga harus dapat berlangsung dalam situasi yang aman dan kondusif. “Secara substantif, Pilkades merupakan salah satu arena bagi masyarakat untuk berdemokrasi. Dalam rangka itu, beberapa waktu yang lalu semua calon kepala desa telah menandatangani naskah deklarasi damai yang disaksikan langsung oleh jajaran Forkopimda. Dengan demikian, diharapkan agar semua pentahapan proses Pilkades dapat berlangsung dalam situasi yang aman dan tertib. Pemerintah daerah berkepentingan untuk memastikan agar ajang demokrasi ini dapat berlangsung dengan sebaik mungkin, dan dalam situasi yang kondusif,” jelas Fatlolon.

Pada kesempatan ini, Fatlolon juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh jajaran POLRI dan TNI atas setiap dukungan yang diberikan terhadap keseluruhan tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak pada tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. “Atas nama pemerintah daerah, saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran POLRI dan TNI.

Apresiasi dan penghargaan saya berikan kepada Pak Kapolres bersama seluruh jajaran kepolisian, baik yang bertugas di Polres, Polsek-polsek, maupun di desadesa sebagai petugas kamtibmas. Apresiasi dan penghargaan juga saya berikan kepada Pak Dandim bersama seluruh jajaran, baik yang bertugas di Kodim, Koramil, maupun para babinsa yang bertugas di desa-desa. Pemerintah daerah menyadari sungguh betapa penting dan strategisnya peranan dari jajaran POLRI dan TNI dalam rangka mendukung keseluruhan program pemerintah, termasuk penyelenggaraan pemilihan kepala desa secara serentak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar kali ini. Semoga kemitraan yang telah terjalin dengan baik ini dapat terus kita jaga, kita bina, dan kita tingkatkan di hari-hari yang akan datang,” kata Fatlolon.

Terkait dengan pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, termasuk Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Fatlolon memberikan imbauan kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades Serentak kali ini untuk tetap memperhatikan dan menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19. “Baik panitia penyelenggara, peserta Pilkades, semua warga masyarakat yang berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkades, maupun semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan Pilkades Serentak kali ini, agar selalu memperhatikan dan menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam keseluruhan pelaksanaan tahapan Pilkades tersebut,” imbau Fatlolon.

Turut hadir dalam Apel Kesiapan Pilkades Serentak ini, jajaran Forkopimda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, serta sejumlah Pimpinan SKPD dan Unit Kerja dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Adapun pemungutan suara dalam Pilkades kali ini akan dilaksanakan secara serentak pada hari Senin, tanggal 1 Maret 2021, di 48 desa yang tersebar pada 10 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.


Share post ini: